-->

Ruang Lingkup Sanitasi Lingkungan

Kesehatan Lingkungan
Hygiene dan sanitasi lingkungan adalah pengawasan fisik biologis sosial dan ekonomi yang mempengaruhi kesehatan manusia dimana lingkungan yang berguna ditingkatkan sedangkan yang merugikan diperbaiki atau dihilangkan.

Pengertian Sanitasi Menurut Para Ahli
  • Edward Scoot Hopkins (1983); pengertian sanitasi adalah cara pengawasan terhadap faktor-faktor lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap kesehatan.
  • Richard Sihite (2000:4); pengertian sanitasi adalah suatu usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatan kepada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia.
  • Azrul Azwar; pengertian sanitasi adalah cara pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mungkin mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI); pengertian sanitasi adalah usaha untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yang baik di bidang kesehatan, terutama kesehatan masyarakat.
  • World Health Organization (WHO); pengertian sanitasi adalah pengendalian semua faktor lingkungan fisik manusia yang dapat menimbulkan akibat buruk terhadap kehidupan manusia, baik fisik maupun mental.
Ruang Lingkup Sanitasi Lingkungan
Sanitasi ini berhubungan dengan sarana serta pelayanan pembuangan limbah kotoran manusia, dan juga pemeliharaan kondisi higienis dengan melalui pengelolaan sampah serta juga limbah cair.
Berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan ruang lingkup sanitasi lingkungan:
  1. Pengadaan air bersih atau air minum (water supply), yaitu suatu hal yang meliputi pengawasan terhadap kualitas, kuantitas, dan pemanfaatan air untuk masyarakat.
  2. Sanitasi makanan dan minuman (food sanitation), yaitu meliputi pengadaan, penyimpanan, pengolahan, dan penyajian makanan.
  3. Penanggulangan sampah atau pengolahan sampah (refuse disposal), yaitu suatu cara pembuangan sampah, peralatan pembuangan sampah dan cara penggunaanya.
  4. Polusi udara (air poluttion), suatu cara untuk mengurangi polusi udara.
  5. Kesehatan serta keselamatan kerja dengan cara melakukan suatu kegiatan atau aktivitas K3 yang meliputi ruang kerja, perumahan (seperti dapur), pekerjaan, cara kerja, serta tenaga kerja.
  6. Pemberantasan atau pengendalian serangga dan binatang pengerat (insect and rodent control), suatu cara untuk pengendalian serangga dan binatang pengerat.
Manfaat Sanitasi
Ini adalah manfaat sanitasi lingkungan bagi manusia, baik lingkungan fisik (air, tanah, udara) yang diantaranya:
  1. Mencegah timbulnya suatu penyakit yang menular
  2. Mencegah serta meminimalisir kemungkinan terjadinya suatu kecelakaan 
  3. Mencegah atau juga mengurangi kemungkinan terjadinya polusi udara, contohnya bau yang tidak sedap
  4. Menghindari pencemaran lingkungan
  5. Mengurangi jumlah persentase orang sakit disuatu daerah 
  6. Terciptanya kondisi lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan juga nyaman bagi manusia
Tujuan Sanitasi
Adapun tujuan sanitasi lingkungan yaitu:
  • Menghasilkan produk yang aman dan sehat dari pengaruh hazard yang dapat menyebabkan penyakit bagi manusia atau masyarakat.
  • Efisiensi sebuah produk dapat di maksimalkan.
  • Memperbaiki, mempertahankan, dan mengembalikan kesehatan yang baik pada manusia.
Pengadaan Air Bersih
Masyarakat perlu memperhatikan betapa sangat pentingnya air bagi tubuh, karena air adalah sumber kehidupan dan juga air menjadi kebutuhan primer manusia. Manusia akan bertahan hidup lebih dari 2 minggu tanpa makanan, tetapi tidak akan bisa bertahan hidup kurang lebih 5 hari dengan tidak adanya air. 
Air tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh tetapi dibutuhkan juga dalam pemenuhan kebutuhan lain seperti  mencuci, memasak, bercocok tanam dan lain-lain.
Dalam pengadaan air bersih, ada beberapa syarat air bersih yang harus diperhatikan:
  1. Syarat kuantitatif atau jumlah.
  2. Syarat kualitatif atau kualitas.
  3. Syarat kimiawi
  4. Syarat Mikrobiologis atau bisa disebut dengan adanya makhluk hidup kecil didalam air, seperti bakteri, e-coli.
  5. Syarat radioaktif, contohnya seperti sinar UV, alpha, beta, dan gama.
Syarat fisik air adalah jernih, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna.
dheabawazier Hi saya seorang mahasiswa yang mengambil fakultas sains informatika, yang dulu basic saya farmasi, dan ingin membagikan informasi-informasi yang bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ruang Lingkup Sanitasi Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel