-->

Makna Proklamasi Kemerdekaan

Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Dengan UUD 1945

⇨ Makna Proklamasi Kemerdekaan
Perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan ini tidaklah tanpa perjuangan, tetapi dengan sekuat tenanga para pahlawan kita perjuangan membela tanah airnya demi kemerdekaan. Salah satu bukti bahwa bangsa Indonesia setelah sekian lamanya di dalam belenggu penjajahan, pada tanggal 17 Agustus 1945, rakyat Indonesia dengan Proklamasi menyatakan dirinya bangsa yang merdeka. Proklamasi kemerdekaan Indonesia itu dilakukan oleh Ir.Soekarno dan Drs.Mochammad Hatta atas nama bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dilakukan dengan penuh tekad dan keyakinan, dilandasi dan dijiwai oleh suatu cita-cita luhur sebagaimana dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

"Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia, hal-hal mengenai pemindahan dan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya" 
Atas nama bangsa Indonesia Ir.Soekarno dan Drs.Mochammad Hatta.

Berikut adalah bunyi teks proklamasi.

Proklamasi adalah merupakan titik kulminasi dari perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan bangsa dan  negara. Suasana perjuangan bangsa Indonesia didasari rasa nasionalisme. Nasionalisme Indonesia tumbuh pertama kali dikalangan terpelajar. l
Latar belakang kesadaran akan nasionalisme Indonesia itu adalah sebagai berikut :
  • Persamaan nasib itu kemudian memunculkan tekad untuk merdeka sebagai satu bangsa.
  • Kalangan terpelajar dari berbagai daerah menyadari persamaan nasib sebagai jajahan Belanda.
Upaya memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia menghadapi kendala amat berat, hal ini disebabkan oleh antara lain :
  • Tidak semua masyarakat Indonesia mau merdeka, terutama yang merasakan keuntungan dari pemerintah kolonial.
  • Politik kolonialisme Belanda seudah tertanam lama di tengah kehidupan masyarakat Indonesia.
  • Sebagian besar masyarakat belum menyadari sebagai suatu bangsa, merdeka masih terkait pada daerah masing-masing.
Dengan menghadapi kenyataan ini kalangan terpelajar bertekad tanpa kenal lelah menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia sebagai suatu bangsa. Untuk menemukan cara yang tepat, mereka mempelajari berbabgai buku mengenai demokrasi dan nasionalisme.
Karena berbagai keragaman penduduk Indonesia serta masalah yang dihadapi, pergerakan nasional Indonesia belum secara langsung memiliki corak seragam. Pada mulanya organisasi kebangsaan bersifat etnik, kedaerahan, dan kemudian berkembang secara nasional.
dheabawazier Hi saya seorang mahasiswa yang mengambil fakultas sains informatika, yang dulu basic saya farmasi, dan ingin membagikan informasi-informasi yang bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Makna Proklamasi Kemerdekaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel