-->

Pentingnya Kehidupan Demokrasi (Berbangsa, Bernegara Dan Sehari-Hari)

Pentingnya Kehidupan Demokrasi Dalam Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Demokrasi pancasila adalah demokrasi khas bagi bangsa Indonesia yang sesuai dengan semangat Undang-Undang Dasar 1945. Definisi demokrasi sebagaian untuk pemerintah, dari atau oleh dan untuk rakyat dinyatakan dengan jelas dalam UUD 1945, baik dalam pembukaan, batang tubuh, maupun penjelasannya. Pada dalam UUD 1945 prinsip demokrasi yang kita anut dinyatakan dengan tegas dalam alinea keempat, adalah:
        ".......maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada....."
      ".......kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan......"
Pada dalam batang tubuh UUD 1945 pasal (1) ayat (2) ditegaskan pula antara lain :
  Kedaulatan ada ditangan rakyat, dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Di dalam penjelasan UUD 1945 pun terdapat ketentuan yang menegasakan dianutnya demokrasi di Negara Indonesia. Pada bab umum tentang pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 terdapat pokok pikiran tentang kedaulatan rakyat (pokok pikiran ketiga), yakni sebagai berikut:
       Negara yang berkedaulatan rakyat berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan atau perwakilan. Oleh karena itu, sistem negara yang terbentuk dalam Undang-Undang Dasar harus berdasar atas kedaulatan rakyat dan berdasar atas permusyawaratan atau perwakilan. 
Memang aliran ini sesuai dengan sifat masyarakat Indonesia.

Berdasarkan penjelasan di atas bahwa demokrasi Pancasila merupakan sistem demokrasi yang pelaksanaanya harus mengacu pada landasan idiil Pancasila dan landasan konstitusional UUD 1945, tidak mengacu pada atau dinilai dari konstitusi atau sistem negara lain.

Penerapan Demokrasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Semangat kekeluargaan gotong royong, kebersamaan dan bermusyawarah untuk mufakat yang telah menjadi ciri bangsa dan merupakan cerminan demokrasi Pancasila hendaknya selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semangat tersebut dapat diterapkan diberbagai lingkungan sosial, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat sampai pada lingkungan bangsa dan negara.

1. Penerapan Demokrasi di Lingkungan Sekolah
Di sekolah hendaknya selalu mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan persoalan besama. Contohnya seperti menyusun tata tertib, menyusun regu piket kelas, dan pemilihan ketua OSIS.
2. Penerapan Demokrasi di Lingkungan Keluarga 
Pendidikan demokrasi dapat dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Kepala keluarga selalu berusaha menyerap aspirasi, keinginan, kepentingan atau pendapat dari anggota keluarga untuk mencapai kata mufakat demi kepentingan seluruh anggota keluarga. Terdapat contoh sebuah masalah yang dapat dijadikan bahan dalam musyawarah keluarga adalah pembagian tugas bagi setiap anggota keluarga.
3. Penerapan Demokrasi di Lingkungan Masyarakat
Segala keputusan yang berkaitan dengan kepentingan bersama harus di musyawarahkan agar dapat diterima oleh seluruh anggota masyarakat. Contoh musyawarah untuk kepentingan bersama yaitu membuat atau merencanakan program-program pengembangan masyarakat dan lingkungan, pemilihan ketua RT, atau kepala desa.
4. Penerapan Demokrasi di Lingkungan Bangsa dan Negara
Demokrasi dalam lingkungan bangsa dan negara bisa terlihat dalam:
  • Rakyat melakukan pengawasan, baik terhadap wakil rakyat maupun pemerintah melalui media masa.
  • Rakyat terlibat dalam pemilu, baik memilih wakil-wakil rakyat ataupun memilih Presiden dan Wakil Presiden.
  • Rakyat melalui wakil-wakilnya terlibat dalam penyusunan Undang-Undang.
Maju mundurnya bangsa di masa yang akan datang, sangat bergantung pada seluruh masyrakat Indonesia. Andilnya semua pihak dalam pembangunan sangat diperlukan agar dalam prosesnya tidak menyimpang dari nilai-nilai baik yang telah tertanam dan tatanan kehidupan bangsa dan bernegara.
dheabawazier Hi saya seorang mahasiswa yang mengambil fakultas sains informatika, yang dulu basic saya farmasi, dan ingin membagikan informasi-informasi yang bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Kehidupan Demokrasi (Berbangsa, Bernegara Dan Sehari-Hari)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel