-->

Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas


PENGGOLONGAN OBAT
OBAT BEBAS atau OTC (Over The Counter)
    yaitu obat yang boleh digunakan tanpa resep dokter. Obat bebas dapat dijual bebas di warung, toko obat berizin, supermarket, dan apotek. Dalam pemakaianya, penderita dapat membeli dengan jumlah yang sangat sedikit saat obat diperlukan, jenis zat aktif pada obat golongan ini relatif aman sehingga pemakaiannya tidak memerlukan pengawasan tenaga medis selama diminum sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan obat.

Tanda khusus untuk obat bebas yaitu "Lingkaran bulat berwarna hijau dengan garis tepi warna hitam".

Yang termasuk obat golongan ini adalah obat analgetik atau pain killer (paracetamol), vitamin atau multivitamin dan mineral. Contoh: Promag, bodrex, biogesic, panadol, puyer, entrostop, dan sebagainya.


 OBAT BEBAS TERBATAS (OBT)
    yaitu obat yang sebenarnya termasuk obat keras tetapi masih dapat dijual atau dibeli bebas tanpa resep dokter, dan disertai dengan tanda peringatan. Dulu obat ini disebut daftar W=Waarschuwing (peringatan), tanda peringatan selalu tercantum pada kemasan obat bebas terbatas, yang berupa empat persegi panjang berwarna hitam berukuran panjang 5cm, lebar 2cm, dan memuat pemberitahuan berwarna putih sebagai berikut:
P NO. 1: AWAS! OBAT KERAS
Bacalah aturan memakainya
P NO. 2: AWAS! OBAT KERAS
Hanya untuk kumur jangan ditelan
P NO. 3: AWAS! OBAT KERAS
Hanya untuk bagian luar dari badan
P NO. 4: AWAS! OBAT KERAS
Hanya untuk dibakar
P NO. 5: AWAS! OBAT KERAS
Tidak boleh ditelan
P NO. 6: AWAS! OBAT KERAS
Obat wasir, jangan ditelan
Seharusnya obat jenis ini hanya dapat dijual bebas di toko obat berizin (dipegang seorang Tenaga Teknis Kefarmasian) serta apotek (yang hanya boleh beroperasi jika ada apoteker), karena diharapkan pasien memperoleh informasi obat yang memadai saat membeli obat bebas terbatas.

Contoh obat golongan ini: Obat batuk, obat pilek, krim antiseptik, neo rheumacyl neuro, visine, rohto, antimo, dan sebagainya.

Tanda khusus obat bebas terbatas yaitu "Lingkaran berwarna biru dengan garis tepi berwarna hitam".
dheabawazier Hi saya seorang mahasiswa yang mengambil fakultas sains informatika, yang dulu basic saya farmasi, dan ingin membagikan informasi-informasi yang bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel