-->

Macam-Macam Ideologi di Dunia

Macam-Macam Ideologi Di Dunia
Ideologi adalah sebuah gagasan atau ide.
Dalam sebuah negara, pengertian ideologi adalah sistem pemikiran yang abstrak dan diterapkan di masyarakat sehingga akan muncul konsep yang akan menjadi inti politik.


Ini adalah beberapa macam ideologi yang ada di dunia :



1. Kapitalisme

    Kapitalisme adalah sebuah ideologi yang meyakini bahwa pemilik modal dapat melakukan berbagai usaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Tokoh besar dalam berkembangnya ideologi ini adalah Adam Smith, ia beranggapan ada kekuatan tersembunyi yang dapat mengatur pasar sehingga pasar harus memiliki kebebasan dari investasi pemerintah.


Dalam hal ini pemerintah hanya bertugas untuk mengawasi semua pekerjaan yang dilakukan rakyatnya.

Ini adalah beberapa negara yang menganut paham kapital antara lain; Spanyol, Belanda, Australia, Portugis dan Perancis.


2. Komunisme

    Komunisme adalah sebuah paham yang akan didahulukan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi atau golongan. Dalam ideologi ini juga disebutkan bahwa segala hal yang terjadi dalam suatu negara akan dikuasai secara mutlak oleh negara tersebut.


Tokoh yang berada dalam paham ini adalah dari Manifest der Kommunistischen yang ditulis Karl Marx dan Friedrich Engels, mengenai teori yang berisikan analisis pendekatan kepada perjuangan kelas dan ekonomi kesejahteraan yang pernah menjadi salah satu gerakan paling berpengaruh di dunia politik.



Berikut adalah nama negara yang menganut ideologi komunisme ; Korea Utara, Laos, Kuba, Vietnam, dan Tiongkok.



3. Liberalisme

    Liberalisme adalah ideologi yang didasarkan pada pemahaman akan kebebasan yaitu nilai politik paling utama. Pada dasarnya harapan dari dikembangkannya ideologi ini adalah untuk mencapai masyarakat yang bebas dengan ciri utamanya adalah kebebasan berpikir untuk setiap individu.


Liberalisme menginginkan adanya kebebasan bertukar gagasan, ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi, menolak pembatasan secara individu dan memiliki kepemerintahan yang transparan.



Amerika Serikat, Argentina, Yunani dan Rusia adalah negara yang menganut paham ideologi liberalisme.



4. Konservatif

    Konservatisme atau konservatif adalah paham yang memiliki beberapa unsur penting yang harus ada di dalamnya yaitu sebagai berikut :


Filsafatnya adalah perubahan tidak selalu berarti sebuah kemajuan. Maka lebih baik perubahan itu berlangsung tahap demi tahap tanpa harus mengguncang stuktur sosial politik dalam sebuah negara atau masyarakat yang bersangkutan.



Inti pemikiran dari paham konservatisme ini adalah bahwa manusia pada dasarnya adalah lemah dan terdapat insting jahat di dalam dirinya.

Sehingga diperlukan pola pengendalian dengan aturan yang ketat. Yang memiliki sistem pemerintahan antara demokratis dan otoriter.

5. Sosialisme
    Sosialisme seperti namanya yaitu berasal dari kata sosial maka ideologi ini dibuat dengan tujuan untuk membentuk negara dengan kemakmuran berasal dari usaha secara kolektif dan membatasi milik perseorangan.


Istilah sosialisme ini mulai digunakan pada awal abad ke 19 yang dalam Bahasa Inggris digunakan pertama kali untuk menyebut para pengikut Robert Owen pada tahun 1827.



Memang dalam penggunaan istilah sosialisme ini banyak digunakan untuk beragam konteks tetapi kebanyakan kelompok percaya bahwa istilah tersebut berawal dari adanya pergolakan kaum buruh industri dan buruh tani berdasarkan prinsip solidaritas serta perjuangan masyarakat egalitarian.

Paham ideologi sosialisme ini ditemukan di Venezuela.

6. Fasisme
    Ciri khas utama dari paham fasisme ini adalah mengagungkan kekuasaan tanpa adanya sistem demokrasi. Sehingga dalam paham ini akan sangat terasa nasionalisme yang fanatik dan sikap otoriter dari penguasanya.
Fasisme merupakan salah satu ideologi yang sangat keras karena mereka ingin mengatur segala aspek kehidupannya mulai dari politik, budaya, ekonomi dan hal lainnya yang ada di negara tersebut. Dalam paham ini mereka berusaha untuk membentuk partai tunggal di dalam negara sehingga partai inilah yang akan mengatur berjalannya negara.


Fasisme berasal dari fascis dalam Bahasa Latin yang berarti seikat tangkai-tangkai kayu yang ditengahnya terdapat kapak. Fasis ini merupakan simbol kekuasaan dari para pejabat pemerintahan negara yang digunakan oleh negara Jerman dan Italia.



7. Demokrasi

    Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demos yang berarti rakyat dan Cratos/Cratein yang berarti pemerintahan. Sedangkan arti demokrasi itu sendiri adalah suatu sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat dan selalu mengikutsertakan rakyat dalam pemerintahan Negara.


Dalam pelaksanaannya demokrasi memiliki slogan yang kuat yaitu oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat. Landasan pemikiran dari paham demokrasi ini adalah kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat dengan memiliki dewan perwakilan rakyat yang pada kenyataannya menjadi lembaga pemerintahan eksekutif, yudikatif dan legislatif.

Dalam pemerintahan demokrasi pemimpin dipilih oleh rakyat secara langsung melalui proses pemilihan umum. Kemudian rakyat juga memilih wakil-wakilnya sebagai sarana penyalur lidah rakyat kepada pemerintahan yang berkuasa.


Beberapa negara yang menganut ideologi ini adalah Inggris, Denmark, Norwegia, Swedia, Amerika, Israel, Venezuela, Belgia, Australia, Selandia baru dan lainnya.



Berikut ini adalah beberapa ideologi demokrasi antara lain :



➦ Demokrasi Pancasila

     Pancasila merupakan ideologi dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila berasal dari kata panca yang berarti 5 dan sila yang memiliki arti asas atau prinsip.
Kelima sila tersebut isinya sudah mengalami revisi dan melalui berbagai pertimbangan matang agar dapat menjadi dasar dalam menjalankan kehidupan berbangsa serta bernegara dengan baik.


Apapun yang terjadi di masyarakat sebenarnya dalam kembali lagi pada dasar negara Indonesia yaitu Pancasila karena sudah ada banyak yang dapat dijelaskan dari ke 5 pasal tersebut, apa lagi sudah banyak juga butir pengalaman Pancasila yang diturunkan dari dasar negara tersebut.



Sebenarnya ideologi memilik ciri-ciri yaitu memiliki derajat yang tinggi sebagai nilai hidup berbangsa dan bernegara. Selain itu ideologi juga mewujudkan asas kerohanian, pandangan hidup, pandangan dunia dan pedoman hidup dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.



➦ Demokrasi Kristen

     merupakan suatu tatanan negara dimana menerapkan demokrasi berdasarkan asas agama kristen dalam pelaksanannya. Ideologi ini muncul karena adanya aliran religious pada abad ke 19 dan berkembang di wilayah eropa dan amerika latin.


➦ Demokrasi Islam

     merupakan tatanan negara yang menerapkan paham demokrasi namun tetap berlandaskan pada asas islam sebagai patokan pertamanya. Namun hal ini tidak berlangsung lama karena pada dasarnya demokrasi tidak cocok dengan agama islam.
dheabawazier Hi saya seorang mahasiswa yang mengambil fakultas sains informatika, yang dulu basic saya farmasi, dan ingin membagikan informasi-informasi yang bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Ideologi di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel