-->

Peran Pancasila Dalam Reformasi


Pengertian Reformasi
Perubahan atau pembaruan yang dilakukan secara drastis untuk perbaikan di segala bidang, baik di bidang sosial, politik, atau agama di dalam suatu masyarakat atau negara.

Syarat-syarat yang hendaknya dipenuhi agar dapat diberlakukannya sebuah reformasi dan melakukan sebuah pembaruan, yaitu :

  1. Terjadi berbagai macam penyimpangan, misalnya banyak terjadinya pelanggaran hak warga negara,
  2. Berdasarkan pada sebuah kerangka struktural tertentu.
  3. Gerakan reformasi bertujuan demi mengembalikan pada sebuah dasar maupun sistem dan prinsip-prinsip demokrasi.
  4. Reformasi diberlakukan untuk sebuah tujuan pembaruan kondisi maupun keadaan yang dianggap lebih baik.
  5. Reformasi diberlakukan dengan berdasar pada moral dan etika yang berpedoman pada asas ketuhanan Yang Maha Esa, yang menjamin persatuan dan kesatuan bangsa
Peran Pancasila dalam Reformasi 
Peran Pancasila di era reformasi yaitu : khususnya dalam konteks sebagai dasar negara dan ideologi nasional, marupakan tuntutan hakiki agar setiap warga negara Indonesia memiliki pemahaman yang sama dan akhirnya memiliki persepsi dan sikap yang sama terhadap kedudukan, peranan dan fungsi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Sebagai berikut :
  1. Pancasila sebagai paradigma ketatanegaraan artinya pancasila menjadi kerangka berpikir atau pola berpikir bangsa Indonesia, khususnya sebagai dasar negara ia sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Pacasila sebagai paradigma pembangunan bidang ekonomi, sosial, politik, hukum dan Hankam dan ilmu pengetahuan.
Posisi Pancasila Diantara Ideologi-Ideologi Lainnya
   Pancasila memiliki posisi sendiri dari ideologi-ideologi lain di dunia. Negara Indonesia merupakan negara demokrasi, yang berarti Indonesia mengarah ke Liberalisme dalam hal ini. 
Liberalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan kebebasan individu. Hak setiap individu dilindungi dan diakui dalam liberalisme. Dalam negara demokrasi, tentu mementingkan suara rakyat dan memberikan kebebasan dalam setiap aspek kehidupan, seperti kebebasan dalam hak memberi suara untuk pemilu.
Selain Liberalisme, pancasila juga mengarah ke ideologi sosialisme dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Sosialisme merupakan ideologi yang menekankan keberadaan kelompok. Sosialisme mengutamakan paham pertemanan atau persahabatan dan bertentangan dengan individualisme. Warga Indonesia masih menekankan kepentingan sosial daripada individualis. Sosialisme juga merupakan bentuk perlawanan terhadap konsep kepemilikan privat atas alat-alat produksi para pekerja, mengambil alih kepemilikan alat-alat produksi yang kemudian akan digunakan oleh pemerintah (sebagai representasi dari kaum pekerja) untuk memenuhi kebutuhan sosial secara merata.

Upaya Dalam Mempertahankan Pancasila Di Era Globalisasi
   Upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi ini adalah melalui efektivitas pembinaan kebangsaan melalui pembentukan sikap nasionalisme. Sikap nasionalisme sebagai sikap mental dan menempatkan kesetiaan tertinggi pada negara, menjaga nilai-nilai luhur dan memelihara unsur-unsur identitas nasional. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan sebagai sarana pembinaan semangat nasionalisme harus dapat diefektifkan, sebagaimana disebutkan dalam pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yaitu "untuk membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermatabat".
Dengan ini, sikap nasionalisme akan dapat dijadikan sebagai pembentukan sikap dan mental bangsa dalam mempertahankan jati diri bangsa di tengah arus globalisasi.

Menyadari akan tantangan perubahan, baik lokal, nasional, maupun global semakin berat, Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan mampu menumbuhkan sikap mental cerdas, penuh tanggung jawab dari mahasiswa untuk mampu memahami, menganalisis, serta menjawab berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, bangsa dan negara secara cepat, rasional, konsisten, berkelanjutan serta menjadi warga negara yang tahu hak dan kewajibannya menguasai iptek serta dapat menemukan jati dirinya dan dapat mewujudkan kehidupan yang demokratis, berkeadilan, dan berkemanusiaan.

Itulah beberapa peran pancasila dalam reformasi, posisi pancasila diantara ideologi-ideologi lainnya serta upaya dalam mempertahankan pancasila di era globalisasi.
dheabawazier Hi saya seorang mahasiswa yang mengambil fakultas sains informatika, yang dulu basic saya farmasi, dan ingin membagikan informasi-informasi yang bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Peran Pancasila Dalam Reformasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel